Memformat sebuah harddisk akan memungkinkan Anda untuk menggunakannya di komputer untuk menyimpan berkas dan juga menginstal sebuah program. Format yang akan dipilih dapat menentukan kompatibilitas harddisk. Memformat harddisk juga akan menghapus seluruh data yang berada dalam harddisk tersebut, maka dari itu sebelumnya Anda harus pastikan data Anda telah dicadangkan. Apabila Anda perlu menghapus data dengan aman, tersedia juga peralatan gratis yang dapat membantu Anda menghapus data secara aman sehingga tidak bisa untuk lagi dipulihkan.

Cara Memformat Harddisk

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memformat harddisk yang dapat Anda terapkan :

• Cadangkan file yang ingin Anda simpan. Dalam kegiatan memformat harddisk tentu akan menghapus seluruh data yang tersimpan, maka dari itu pastikan terlebih dahulu Anda telah menyimpan ke lokasi yang aman. Anda bisa dapat memulihkan cadangan data Anda ke harddisk baru. Namun Anda tidak dapat mencadangkan program yang telah terpasang. Program itu harus dipasang kembali kepada harddisk baru Anda.

• Bacalah panduan untuk memasang harddisk internal. Tetapi jika hard disk Anda adalah harddisk eksternal, Anda dapat menghubungkannya melalui USB.

• Setelah itu Anda dapat membuka jendela Computer/My Computer/This PC atau dapat juga melalui menu Start atau dengan menekan tanda Win+E. Jendela tersebut akan menampilkan seluruh media dalam penyimpanan komputer Anda.

• Lalu Anda dapat menggunakan klik kanan harddisk yang akan Anda format, lalu klik tulisan “Format”. Maka jendela pemformat Windows akan segera terbuka. Pastikan bahwa Anda sudah memilih hard disk yang benar.

• Sistem berkas merupakan cara hard disk mengatur serta mengkategorikan berkas dan menentukan kompatibilitas harddisk. Apabila harddisk Anda berupa harddisk internal lalu Anda akan menggunakannya di komputer Windows, sebaiknya Anda memilih NTFS. Namun jika Anda menggunakan harddisk eksternal, pilihlah FAT32 atau bisa juga dengan exFAT. FAT32 dan exFAT bisa ditulisi oleh sistem operasi yang baru.

• Jika Anda akan menggunakan hard disk Anda untuk satu keperluan, Anda dapat memberi nama pada harddisk. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui isinya.

• Putuskan juga apakah Anda akan menggunakan Quick Format. Cara ini akan memformat harddisk lebih cepat dari proses yang biasanya. Lakukan format dengan cara standar hanya jika harddisk Anda bermasalah. Format yang standar mungkin akan bisa lebih memperbaiki masalah tersebut. Opsi Quick Format ini tidak akan menjamin data yang Anda punya dihapus dengan aman.

• Mulailah proses format dengan cara mengklik Start, lalu mengklik tanda OK untuk memberi konfirmasi jika Anda mengerti seluruh isi hard disk tersebut akan terhapus. Jika Anda lebih memilih Quick Format, maka proses format ini hanya akan memakan waktu beberapa detik saja.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>