Harddisk eksternal memang banyak peminatnya pada beberapa tahun ke belakang. Keuntungannya sendiri adalah karena mobilitasnya. Anda bisa membawa harddisk dengan kapasitas yang besar namun dengan dimensi dan ukuran yang kecil dan juga bisa dipergunakan untuk pertukaran file. Harga yang ditawarkan produk ini juga semakin lama semakin terjangkau sehingga membuat harddisk eksternal semakin diminati. Namun, kegunaannya sebagai barang yang mobile tentu membawa resiko. Harddisk eksternal juga memiliki kerentanan yang sama dengan harddisk pada umumnya.

Cara Merawat Harddisk Eksternal

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat harddisk ekternal :

Selalu gunakan opsi “Safe Remove Hardware”
Langkah ini terkesan sepele dan juga sering dilupakan. Banyak juga dari pengguna sendiri yang mengakui hal ini tidak penting. Pada saat Anda menggunakan hard disk eksternal lalu mulai mentransfer data, banyak data belum tertulis dengan benar pada piringan harddisk. Data-data itu masih tertinggal dalam cache memori. Jika Anda telah selesai menggunakan harddisk eksternal, disarankan untuk selalu pilih opsi “Safe Remove Hardware”. Caranya dengan mengklik opsi ini, semua data pada cache memory akan dihapus secara otomatis sehingga data yang ada pada hard disk tidak akan mengalami kerusakan pada saat Anda mencabut kabel USB.

Pastikan harddisk mendapatkan aliran udara yang baik
Jika harddisk eksternal Anda tidak memiliki banyak solusi disipasi yang baik, harddisk yang berada di dalamnya tentu akan menjadi panas. Apabila harddisk yang memiliki panas berlebih dapat menyebabkan kerusakan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuka pouch bawaan harddisk terlebih dahulu apabila akan digunakan. Selain itu, selalu pastikan harddisk mendapatkan aliran udara yang cukup.

Jauhkan dari benda bermagnet
Selama harddisk masih menggunakan komponen mekanik, maka harddisk tetap rentan terhadap gerakan yang dilakukan dengan paksa. Sebuah magnet juga dapat secara paksa menarik komponen dari mekanik di bagian dalam harddisk. Hal ini tentunya dapat merusak sistem kerja harddisk. Bukan hanya itu, platter yang berada dalam harddisk juga bisa rusak karena adanya tarikan medan magnet.

Jangan terlalu sering mencabut pasang kabel USB
Sering mencabut pasang kabel USB akan membuat konektor USB menjadi aus. Gesekan terhadap tembaga juga dapat membuat kepala konektor menjadi menipis sehingga tidak akan terjadi kontak antar tembaga yang baik. Hal ini tentunya akan membuat pasokan listrik ataupun arus data menjadi terganggu dan dapat merusak komponen kontroler.

Jangan terbanting
Pada saat terjadi benturan yang keras pada harddisk, pastinya akan mengganggu komponen-komponen yang ada di dalamnya. Banyak kasus harddisk yang terbanting mengakibatkan isinya menjadi tidak karuan. Namun Anda bisa mengakali hal ini dengan membeli harddisk yang tahan banting. Namun tetap saja Anda harus menjaga harddisk dari benturan yang berlebihan.

Jauhkan dari cairan
Saat Anda memakai harddisk eksternal, usahakan tidak menaruh benda dengan cairan di dekatnya.

Gunakan Kabel Y agar mendapat pasokan listrik yang baik
Banyak harddisk eksternal yang belum dilengkapi USB dengan jenis kabel Y atau kabel dengan dua kepala. Menggunakan USB dengan kabel Y memang terlihat merpotkan. Akan tetapi, kabel dengan jenis ini berguna saat Anda menancapkan harddisk eksternal pada sebuah komputer yang ternyata USB sudah tidak memiliki alur listrik yang baik. Kurangnya pasokan listrik dapat merusak kerja elektronik.

Hindari menempatkan harddisk di tempat yang sering bergetar
Getaran yang berlebihan dapat mengganggu kerja mekanik dari harddisk. Bahkan sering terjadi error baca dan juga tulis data di harddisk tersebut. Tentunya hal ini dapat berujung pada harddisk yang berhenti bekerja. Maka dari itu, jauhkan harddisk dari tempat yang sering bergetar .

Cabutlah kabel USB dengan menarik kepala konektornya
Apabila Anda menarik kabel USB langsung pada kabelnya, hal ini tentu dapat menyebabkan putusnya kabel, baik kulitnya yang berada di bagian luar maupun kumpulan kabel di dalam kabel USB tersebut. Pada konektor USB sengaja dibuat tebal agar dapat ditarik untuk para penggunanya.

Gunakan posisi yang tidak mengganggu posisi konektor USB
Saat kabel USB tertancap pada harddisk eksternal dan juga pada sebuah slot USB di komputer Anda, usahakan posisinya tertancap dengan benar. Kabel USB yang posisinya miring dapat menyebabkan kerusakan pada USB tersebut. Kebanyakan kasus adalah membuat longgarnya sebuah USB. Hal ini tentunya akan sama hasilnya dengan poin 6 di atas.

Selain itu ada baiknya jika Anda selalu backup data-data Anda yang ada di harddisk eksternal tersebut, terutama untuk data-data yang penting. Jika Anda menggunakan harddisk eksternal ini untuk aktivitas transfer data secara mobile, resiko kehilangan data pasti akan selalu ada. Maka sekali lagi kami ingatkan untuk selalu mem-backup data-data Anda.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 14 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>