Harddisk adalah salah satu media penyimpan data yang ada pada komputer terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan juga dapat berputar, ditambah lagi dengan komponen-komponen elektronik lainnya. Jenis harddisk sendiri bukan hanya satu namun ada beberapa jenis harddisk.

Jenis-Jenis Hardisk

Berikut ini kami akan memberikan contoh beberapa jenis harddisk yang banyak beredar di pasaran :

Harddisk SATA
Hard disk dengan tipe Serial Advanced Technology Attachment atau yang lebih mudah disebut dengan SATA, adalah interface disk ATA atau Advanced Technology Attachment dengan versi yang serialnya menggunakan kabel lebih tipis dan juga memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe lainnya seperti EIDE dan ATA disk yang jumlahnya mencapai 39 pins. SATA juga mempunyai kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi. Sehingga dengan menggunakan serial ini mampu melebihi kecepatan bus tipe paralel. Hardisk SATA apabila digunakan mentransfer data secara berurutan dan juga dapat menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa harus ada sistem master atau slave, dengan ini kabel SATA hanya dapat digunakan untuk satu hard disk.

Harddisk ATA / EIDE
Hard disk dengan tipe ini atau tipe ATA merupakan standar versi terbaru suatu antar yang sesuai untuk koneksi. Banyak produsen harddisk memiliki rentang disk dengan disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke PCI. Disk semacam ini banyak sekali digunakan pada banyak PC (personal computer). Anda juga perlu mengetahui keuntungan drive yang signifikan yaitu harganya yang cukup murah, karena penggunaannya sudah banyak di dalam PC. Salah satu kekurangan adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive, namun jika Anda memerlukannya Anda bisa menggunakan dua drive yang digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa dari PC. Salah satu produsen chip sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk dapat dihubungkan langsung ke motherboard.

Harddisk SCSI
Banyak disk jenis ini memiliki desain untuk koneksi standar. Disk jenis ini cenderung lebih mahal, namun mempunyai performa yang lebih baik dari jenis yang lainnya. Akses yang bersamaan juga dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar drive secara aktif dihubungkan ke SCSI hanya pada saat drive tersebut sudah siap mentransfer data.

Harddisk RAID
Harddisk jenis ini memberikan performa yang luar biasa dan juga menyediakan penyimpanan yang besar. Disk ini dapat digunakan baik dalam komputer dengan performa yang baik dan juga dalam sistem yang memerlukan kehandalan yang tinggi dari tingkat yang semestinya. Namun, dengan semakin menurunnya harga, disk inipun menjadi lebih menarik bahkan diperuntukan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.

Harddisk SSD
Seperti yang Anda ketahui bahwa harddisk yang selama ini kita gunakan untuk sebagai media penyimpanan yang masih mempunyai bagian mekanik di dalamnya, sedangkan media SSD telah menggunakan teknologi seperti USB dan juga memori komputer. Jika Anda lebih memperhatikan media seperti USB Drive tidak memiliki bagian yang dapat bergerak. Nantinya media penyimpanan akan lebih mengarah kepada SSD ini karena SSD memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan media penyimpanan saat ini.

Share Button
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 13 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>