Seperti yang Anda ketahui harddisk merupakan tempat penyimpanan data, dokumen serta tempat System OS dan aplikasi program diinstall. Sebenarnya harddisk juga dapat digolongkan bersama dengan memory, yaitu memory yang permanen, karena data dan juga dokumen yang tersimpan tidak akan hilang setelah komputer dimatikan.

Mengenal Bagian-Bagian Harddisk

Di dalam harddisk akan terdapat beberapa komponen-komponen yang penting. Dengan mengetahui komponen-komponen tersebut Anda dapat lebih memelihara hardisk agar dokumen dan data aman tersimpan di dalamnya. Apabila Anda memiliki data yang penting, maka jika hardisk yang Anda miliki rusak maka data akan ikut rusak. Namun apabila motherboard dan komponen lainnya rusak sementara harddisk Anda tidak rusak, tentu saja Anda dapat mengganti komponen lainnya dengan memasang harddisk Anda tersebut serta data di dalamnya tetap aman.

Berikut ini adalah beberapa bagian-bagian penting dari harddisk :

Platter
Berbentuk seperti pelat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data. Dengan bentuk bulat yang merupakan cakram padat dan juga memiliki pola-pola magnetis pada permukaanya. Platter juga terbuat dari metal yang banyak mengandung magnet-magnet kecil yang biasa disebut dengan dengan magnetic domain. Domain-domain tersebut diatur dalam satu dua arah untuk mewakili binary “1” dan juga “0”

Spindle
Spindle adalah suatu poros untuk meletakan platter. Poros ini juga memiliki sebuah penggerak yang fungsinya untuk memutar pelat harddisk yang disebut dengan spindle motor. Spindle berperan dalam menentukan kualitas harddisk. Makin cepat putaranya, maka makin semakin bagus kualitas harddisknya. Satuan yang mengukur perputaran yaitu Rotation Per Minutes atau biasa disebut RPM. Ukuran ini sering juga kita dengar untuk kecepatan perputaran ini.

Head
Piranti tersebut berfungsi untuk membaca data dalam permukaan pelat dan juga merekam informasi ke dalamnya. Setiap pelat pada harddisk memiliki dua buah head. Satu pada bagian atas permukaan dan satunya lagi di bagian bawah permukaan.

Logic Board
Logic Board adalah papan pengoperasian pada harddisk, dimana pada logic board ada bios harddisk sehingga harddisk dihubungkan ke motherboard yang secara otomatis akan mengenal harddisk tersebut. Selain sebagai tempat bios, harddisk juga berperan sebagai tempat switch dan pendistribusian power supply data dari head harddisk ke motherboard yang akan di kontrol oleh processor.

Actual Axis
Actual axis adalah poros yang merupakan pegangan atau juga sebagai tangan robot agar head bisa membaca sector dari harddisk.

Ribbon Cable
Ribbon cable merupakan penghubung antara head dengan logic board. Setiap dokumen atau data yang dibaca akan dikirim ke logic board untuk selanjutnya dikirim ke motherboard agar processor dapat dengan cepat memproses data tersebut sesuai dengan input yang sudah diterima.

IDE Conector
IDE conector merupakan kabel penghubung antara harddisk dengan motherboard yang berguna untuk mengirim dan menerima data.

Setting Jumper
Setiap harddisk memiliki setting jumper yang berfungsi untuk menentukan kedudukan harddisk. Apabila pada komputer Anda dipasang 2 buah harddisk, maka dengan setting jumper Anda bisa menentukan mana harddisk primer dan juga mana hardisk sekunder yang lebih dikenal dengan sebutan master dan slave.

Power Conector
Sumber arus yang langsung dari power supply. Pada Power supply pada hardisk ada dua bagian :
• Tegangan 12 Volt, ini berfungsi untuk menggerakkan mekanik contohnya saja piringan dan Head.
• Tegangan 5 Volt, iniberfungsi untuk mesupply dayaLogic Board agar bisa bekerja mengirim dan juga menerima data.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>