Banyak dari Anda yang kadang agak teledor dalam perawatan maupun menggunakan harddisk yang terkadang diakibatkan karena ketidaktahuan pengguna dan bisa berujung pada kerusakan yang fatal. Harddisk yang mengalami kerusakan akan menjadi problem yang berkepanjangan. Namun Anda tidak usah khawatir kami akan memberikan beberapa tips akan Anda bisa merawat dan juga menjaga harddisk Anda agar tidak cepat rusak.

Penyebab Harddisk Cepat Rusak

Berikut adalah beberapa penyebab harddisk menjadi cepat rusak :

• Hard disk yang tidak dirawat dengan baik, dimana file sampah tidak dibuang dan juga tidak tersusun rapi maka akan mengakibatkan penumpukan file sampah yang saling menimpa akibatnya harddisk membaca dengan acak dan juga mengakibatkan bad sector pada harddisk.

• Ketika harddisk tetap aktif bekerja akan sangat berbahaya jika terjadi goncangan dan juga getaran yang dapat mengakibatkan bad sector dan rusak karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track. Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan melakukan aktivitas saat berada dalam ruang atau tempat tidak stabil karena akan mengganggu signal digital.

• Bagi Anda yang sering menggunakan laptop, tidak disarankan untuk membawa dan menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby dapat merusak harddisk. Posisi ini sebenarnya masih dalam keadaan yang aktif, jika ada terjadi gerakan dan goncangan membuat signal digital harddisk.

• Apabila Anda sering melakukan instal dan juga uninstal software dapat mengurangi umur dari hard disk, termasuk juga instal ulang operating system. Apabila tidak terlalu diperlukan sebaiknya Anda tidak melakukan instal ulang.

• Aktivitas beramin game juga dapat merusak hard disk. Saat Anda memainkan game, biasanya game akan menyediakan file sebagai data proses dari game dan juga selama memainkan game. Indikator hard disk akan bekerja ekatra yang mengakibatkan harddisk menjadi cepat panas yang menjadi faktor utama penyebab kerusakan harddisk.

• Penggunaan komputer yang terlalu lama dan juga minimnya pendingin, mengakibatkan hard disk menjadi panas dan juga mengakibatkan komponen menjadi lemah dan mudah rusak.

• Sering memutar musik dan juga video dari harddisk sehingga mengakibatkan komputer membaca track harddisk secara terus menerus.

• Kondisi dari tegangan listrik yang tidak normal juga bisa mengakibatkan kerusakan dari harddisk. Saat listrik tidak stabil, Anda sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop atau komputer tetap beraktivitas. Jika listrik sudah padam, usakan untuk melepas kabel power atau adapter charge dari stecker lalu Anda bisa memasangnya lagi untuk netralisasi tegangan.

• Mematikan secara paksa dan juga tidak sesuai prosedur dapat mengurangi umur hard disk. Misalnya dengan menekan tombol power dan menggunakan aplikasi fast shutdown yang pada dasarnya tidak sesuai dengan standart.

• Over defragment ini pada dasarnya sangat berbahaya untuk penggunaan harddisk.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>