Perbedaan paling mencolok dari hardisk berukuran 2,5 dan 3,5 inci adalah ukurannya. Hardisk 2,5 inci tak hanya lebih kecil, tetapi juga lebih pendek dan tipis sehingga lebih nyaman dibawa dan ditenteng kesana-kemari. Hampir seluruh laptop dan netbook menggunakan hardisk berukuran ini. Sementara PC biasanya menggunakan ukuran 3.5 inci yang lebih besar.

Perbedaan Antara Hardisk 2,5 dan 3,5 Inci

Tapi tahukah Anda ada perbedaan lain antara hardisk 2,5 inci dan 3,5 inci selain ukurannya saja? Mari kita bahas satu persatu dalam posting ini.

Ukuran
Meski kerap berbeda-beda, pada umumnya hardisk 3,5 inci akan memiliki ukuran lebar 4 inci dan panjang 5,8 inci dengan ketebalan 0.8 inci (4×5,8×0.8 inci). Sementara itu HD 2,5 inci akan memiliki ukuran lebar 2,8 inci, panjang 4 inci dan ketebalan 0.4 inci (2,8x4x0,4 inci).

Perbedaan Antara Hardisk 2,5 dan 3,5 Inci a

Besar dimensi ini mau tak mau berdampak pada berat. Hardisk 3,5 inci memiliki berat rata-rata 400-550 gram dan hardisk 2,5 inci memiliki berat rata-rata hanya 100 gram saja.

Konektor
Pada versi SATA yang umum digunakan saat ini, tak ada perbedaan antara konektor kedua hardisk. Keduanya sama-sama memiliki konektor data dan power yang identik. Sementara untuk hardisk yang masih menggunakan teknologi ATA, maka terdapat perbedaan jumlah pin, dimana hardisk 3,5 inci menggunakan konektor 44 pin dan hardisk 2,5 inci menggunakan konektor 40 pin.

Penggunaan
Hardisk ekternal kebanyakan dibangun dari hardisk berukuran 2,5 inci yang juga digunakan pada pernagkat mobile seperti laptop, notebook dan netbook. Sementara itu, PC reguler pada umumnya masih menggunakan hardisk 3,5 inci. Rata-rata casing CPU yang beredar pun masih menggunakan slot default untuk hardisk 3,5 inci sehingga Anda harus menambahkan case jika ingin menggunakan hardisk 2,5 inci.

Share Button
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 13 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>