Harddisk merupakan sebuah media penyimpanan yang didesain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini tidak luput karena adanya program dari aplikasi yang kapasitasnya tidak memungkinkan berada dalam satu disket saja. Namun bukan hanya itu saja, harddisk juga diharapkan dapat dimbangi dengan kecepatannya saat diakses. Jila Anda bandingkan kecepatan harddisk dengan disket tentunya sangat jauh, ini dikarenakan pada harddisk mempunyai mekanisme dan teknologi yang sangat berbeda juga.

Perkembangan Teknologi Pada Harddisk

Pada awal kemunculannya harddisk hanya didominasi oleh perusahaan besar yang sudah menjadi komputer biasa disebut dengan IBM. Pada tahun-tahun selanjutnya perusahaan lainnya seperti Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992. Pada awalnya teknologi yang digunakan antara head dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Namun pada saat ini hal tersebut dihindari karena kecepatan putaran yang dihasilkan sangat tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan akan merusak fisik dari piringan tersebut.

Kerapatan Data atau Teknologi Bahan
Ukuran teknologi yang digunakan seberapa besar bit data yang bisa disimpan dalam satu persegi. Dalam hal kerapatan data awal sampai sekarang terjadi. Harddisk pada awal perkembangannya, bahan yang digunakan sebagai media penyimpan ialah iron oxide. Tetapi sekarang banyak digunakan thin film. Media ini merupakan media yang banyak menyimpan data dari pada iron oxide sifatnya yang lebih awet.

Struktur Head Baca Tulis
Head adalah penghubung pada media fisik dengan data elektronik. Melalui head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik. Head dapat merubah data bit jadi pulsa magnetik serta menuliskannya ke medium fisik. Pada sistem pembacaan data prosesnya adalah kebalikannya. Sistem baca data adalah hal yang begitu utama, oleh karenanya mekanismenya juga perlu diperhatikan. Dalam pendahuluan ada ketidaksamaan letak fisik head dalam operasinya. Dulu head bersentuhan fisik dengan metal penyimpan. Saat ini pada head serta metal penyimpan telah diberi jarak. Apabila head bersentuhan dengan metal penyimpanan maka akan mengakibatkan rusaknya permanen fisik, head yang aus, dan adanya panas akibat gesekan. Terlebih teknologi saat ini kecepatan putar harddisk sangatlah cepat.

Perubahan Teknologi
Ferrite head, Metal-In-Gap (MIG) head, Thin Film (TF) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, Giant Magnetoresistive (GMR) Heads yang saat ini dipakai yaitu Colossal Magnetoresistive (CMR) Heads. Ferrite head adalah teknologi head yang paling kuno, terbuat dari inti besi yang berupa huruf U serta dibungkus oleh lilitan elektromagnetik. Teknologi ini diimplementasikan pada tahun 1980 pada harddisk Seagate ST-251.
Umumnya ada pada harddisk yang ukurannya kurang dari 50MB. Metal-In-Gap (MIG) adalah penyempurnaan dari head Ferrite. Umumnya dipakai pada harddisk yang ukurannya 50MB s/d 100MB. Thin Film (TF) heads, tidak sama jauh dengan type head terlebih dulu.

Head ini dibuat dengan sistem photolothografi seperti yang dipakai pada pembuatan processor. (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, head ini dipakai untuk membaca saja. Untuk penulisannya dipakai head type Thin Film. Diimplementasikan pada harddisk ukuran 1GB s/d 30GB. Giant Magnetoresistive (GMR) Heads, adalah penemuan dari peneliti Eropa Peter Gruenberg and Albert Fert. Dipakai pada harddisk ukuran besar seperti 75GB serta kerapatan tinggi sekitaran 10 Gbits/in2 sampai 15 Gbits/in2. Lantaran teknologi Giant Magnetoresistive (GMR) mulai ditarik dari market, sebagai penggantinya yaitu Colossal Magnetoresistive (CMR).

Tehnologi Harddisk
Harddisk dimasa yang akan datang dititikberatkan pada kecepatan akses serta kemampuannya. Hal semacam ini bisa dikerjakan dengan mereduksi komponen mekanis dari fisik harddisknya. Komponen mekanis yang tidak dapat bekerja pada frekuensi tinggi digeser dengan komponen yang berbentuk elektris yang dapat bekerja dalam orde MHz bahkan juga GHz.

Bisa diliat sekarang ini telah launching beragam jenis media penyimpan elektronis berbentuk kecil. Contohnya saja USB Drive serta MultiMedia Card. Apabila nanti teknologi ini diaplikasikan, harganya tentu akan sangat terjangkau, kekuatan komputer dari segi kecepatan akses media penyimpanan bisa bertambah cepat. Otomatis kekuatan PC Server untuk melayani request dari client akan bertambah.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 14 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>