Sebagaimana dengan disket, hardisk juga tempat meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan juga cluster. Sistem operasi dari komputer sendiri mencatat sektor berdasarkan cluster-nya. Seperti sistem operasi Windows yang memberi nomor unik pada setiap cluster dan juga mencatat alamat file di dalam harddisk yang menggunakan tabel alokasi file virtual atau biasa disebut VFAT adalah salah satu metode untuk menyimpan dan juga mengetahui alamat file sesuai dengan cluster yang digunakan.

Prinsip dan Cara Kerja Harddisk

Saat ini kita sebagai pemakai harddisk hanya menggunakannya untuk menyimpan beberapa file saja tanpa tahu prinsip dan cara kerja harddisk itu sendiri dalam melakukan transaksi file baik itu menyimpan, mentransfer dan lain sebagainya. Kali ini kami akan membahas mengenai prinsip dan cara kerja harddisk.

Prinsip Kerja Hardisk
Spindle mempunyai sebuah penggerak yang disebut juga dengan spindle motor yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk dengan kecepatan tinggi. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute yaitu RPM. Makin cepat putaran pada tiap menitnya, makin bagus pula kualitas harddisk tersebut.

Sebuah peranti elektromagnetik yang disebut juga dengan heads ditempatkan pada kedua belah permukaan pelat. Heads ini berukuran kecil dan juga ditempatkan pada sebuah slider, sehingga heads bisa membaca data dan juga informasi yang tersimpan pada pelat dan dapat merekam informasi ke dalam pelat.

Cara Kerja Harddisk

• Apabila akan dilakukan pengaksesan terhadap perangkat harddisk untuk melihat dan menentukan lokasi informasi yang dibutuhkan pada ruang harddisk.

• Pada proses pencarian data ini, aplikasi yang sedang kita jalankan baik itu sistem operasi, sistem BIOS, ataupun driver-driver khusus akan bekerjasama, untuk mencari data dalam harddisk.

• Harddisk akan bekerja dan juga akan memberikan informasi dimana data yang dibutuhkan akan tersedia, sampai dengan kemudian akan menyatakan, “Informasi yang ada di track di sektor berapa yang Anda butuhkan.” Pola pada penyajian informasi yang diberikan oleh harddisk biasanya akan mengikuti pola geometris.

• Pola geometris adalah sebuah pola penyajian informasi yang menerapkan beberapa istilah contohnya saja silinder, track, dan juga sector. Ketika data yang dicari sudah ditemukan, akan ada permintaan agar Anda mengirimkan informasi tersebut dengan melalui interface harddisk untuk memberikan alamat yang akan dituju setelah itu informasi pada sector tersebut akan siap untuk dibaca.

• Pengendali pada program yang ada dalam harddisk juga akan mengecek untuk memastikan informasi yang dicari sebelumnya sudah tersedia pada internal buffer yang ada oleh harddisk biasanya hal ini disebut dengan cache atau buffer.

• Bila sudah selesai, pengendali ini bertugas untuk menyuplai informasi yang dicari sebelumnya secara langsung, tanpa harus melihat kembali ke permukaan pelat tersebut karena seluruh informasi yang diperlukan sudah ditemukan dalam buffer.

• Dalam banyak kasus, harddisk pada umumnya akan tetap berputar ketika proses tersebut sedang berlangsung. Tetapi ada kalanya juga tidak, proses ini menggunakan manajemen power pada harddisk tertentu yang telah memerintahkan kepada disk untuk tidak berputar untuk penghematan energi. Papan pengendali yang terdapat dalam harddisk akan menerjemahkan instruksi tentang tempat data yang akan diminta dan saat proses itu sedang berlangsung, maka harddisk akan siaga untuk memastikan track informasi yang dibutuhkan tersimpan.

• Papan pengendali ini yang kemudian meminta actuator untuk dapat menggerakkan head menuju ke lokasi data tersimpan. Ketika head sudah berada pada lokasi yang sesuai dengan permintaan yang sedang dicari, pengendali akan mengaktifkan head ini untuk melakukan memulai proses pembacaan. Proses ini yang paling menyita banyak waktu, sampai head menemukan sektor yang tepat dan akan siap untuk membacakan data ataupun informasi yang terdapat di dalamnya.

• Papan pengendali juga akan mengkoordinasikan aliran informasi dari dalam harddisk menuju ruang untuk penyimpanan sementara. Informasi ini nantinya akan dikirimkan melalui interface harddisk untuk sistem memori utama yang kemudian dijalankan sesuai dengan aplikasi dan perintah yang sedang Anda jalankan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 19 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>